11/30/2016

membaca tulisan atau menulis bacaan

Tulis ! Tulis ! Tulis !

Kita bisa menulis apapun yang kita inginkan, kita bisa menghasilkan tulisan apapun meski hanya dari sebuah kata, dan kita juga bisa membuat tulisan apapun meski kita sedang tidak ingin menulis. Sebab tulisan hanya bermula dari sebuah kata yang biasa kita gunakan sehari-hari. Namun yang membedakan adalah kualitas dari tulisan itu sendiri. Tentunya sebuah tulisan yang bagus hanya dihasilkan oleh seseorang yang sudah mampu menyusun tiap kalimat dengan tepat dan semua itu dihasilkan dari bacaan yang sudah dilahapnya. Ya, satu kunci penting dari menulis adalah membaca.

Baca ! Baca ! Baca !

Kita bisa membaca sebab kita hapal betul tiap-tiap huruf yang tersusun dalam sebuah kata, kita bisa membaca sebab kita bisa melihat susunan kata itu berjajar dengan rapi membentuk sebuah kalimat, dan kita bisa membaca sebab kita ingin mengetahui kata apa yang tersusun dalam tiap tulisan. Kita membaca karena kita ingin tahu.

Itu kata kunci kedua dalam tulisan ini, untuk membaca kita harus memiliki rasa ingin tahu.

Aku bisa menulis apapun jika aku mau, namun masalahnya aku tidak tahu dan aku tidak terlalu suka membaca.


Nah loh !

Lalu bagaimana aku bisa menulis saat aku tidak tahu dan tidak suka membaca ?

Jawabannya sudah ada di atas. karena untuk menghasilkan sebuah tulisan, kita hanya membutuhkan sebuah kata lalu kemudian kita susun dengan kata yang lain. Saat aku kehendaki, maka jadilah tulisan ini. Tentunya seperti juga telah aku sebutkan di atas, bahwa yang membedakan adalah kualitasnya. Aku suka menulis saat aku ingin menulis, mengenai tulisanku yang tidak berkualitas bagiku itu persoalan belakangan, yang penting aku nulis. Saat orang lain tidak suka dengan tulisanku, itu masalah mereka, bukan masalahku. Aku hanya melakkan apa yang aku ingin, tentunya dengan tekad bahwa semakin sering aku menulis, maka tulisanku harus makin berkualitas J

Bagi kalian yang katanya tidak bisa menulis, hanya satu pesan yang ingin aku sampaikan :

“jangan batasi diri kalian dengan pikiran kalian sendiri!”

Konteks tulisan di atas adalah tulisan secara umum, tidak termasuk di dalamnya tentang SKRIPSI haha :D

Untuk menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah berupa skripsi, dll. Kalian benar-benar membutuhkan bacaan yang berkaitan dengan tema yang akan kalian bahas dalam skripsi kalian, jika tidak, maka akan mandeg seperti skripsiku (ini bukan suatu kebanggaan, harap jangan dicontoh!)

Jadi baper sendiri nih kalo bahas skripsi, sekian tulisan ini aku buat karena aku sedang ingin menulis, itu saja !

Semoga bermanfaat, hehe

No comments:

Post a Comment